negara ke 71 yang berkunjung ke Sate Ratu, Republik Ceko.


Terbit tanggal 06 November 2018 pada 17:41 PM



Ini cerita tentang Republik Ceko.Tanah Ceko muncul di akhir abad ke-9 ketika ia dipersatukan oleh Přemyslids. Kerajaan Bohemia adalah penguasanya, namun konflik keagamaan seperti Perang Hussit abad ke-15dan Perang Tiga Puluh Tahun abad ke-17sangat merusak. Kemudian tanah ini di bawah pengaruh Habsburg dan menjadi bagian Austria-Hongaria.

Setelah jatuhnya negara ini setelah Perang Dunia I, Ceko dan tetangganya Slowakiabergabung dan membentuk republik merdeka Cekoslowakia pada 1918. Negara baru ini mempunyai etnis Jerman minoritas yang besar, yang menuju ke pembubaran Cekoslowakia ketika Jerman dengan sukses menganeksasi minoritas tersebut melalui Persetujuan Munchen pada 1938, dan Slowakia mendapat otonomi yang lebih besar, dengan negara dinamai “Ceko-Slowakia”. Slowakia lebih lanjut memecahkan diri lagi pada 1939 dan sisa negara Ceko ini diduduki oleh Jerman.

Setelah Perang Dunia II, Cekoslowakia jatuh ke dalam pengaruh Uni Soviet. Pada 1968, sebuah invasi oleh pasukan Pakta Warsawamengakhiri usaha pemimpin negara ini untuk meliberalisasikan partai berkuasa dan menciptakan “sosialisme dengan sebuah muka manusia” pada Musim Semi Praha. Pada 1989, Cekoslowakia mendapatkan kebebasan melalui Revolusi Beludru. Pada 1 Januari 1993 negara ini secara damai pecah menjadi dua, menciptakan Republik Ceko dan Republik Slowakia yang merdeka.

Republik Ceko bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 2004.