Negara ke-83 yang Mengunjungi Sate Ratu : Sri Lanka, Sang Permata Samudra Hindia!

Negara ke-83 yang Mengunjungi Sate Ratu : Sri Lanka, Sang Permata Samudra Hindia!

Sri Lanka adalah sebuah pulau di sebelah utara Samudera Hindia yang berbatasan dengan India. Negara ini memiliki lokasi strategis dan dilewati jalur sutra. Negara yang dahulu disebut Ceylon ini juga terkenal akan produksi tehnya. Selain teh, produksi lain negara Sri Lanka seperti kayu manis, kopi, karet juga melimpah ruah. Sri Lanka terkenal karena bentuknya dan keindahan alamnya, olehnya, Sri Lanka sering disebut sebagai “Permata Samudra Hindia”

Negara yang dekat dengan Maldives ini memiliki tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan negara Asia lainnya. Wilayah Sri Lanka terdiri dari pulau besar yang dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Sebagian besar pulau Sri Lanka merupakan daerah perbukitan. Karena daya tarik wisatanya, Sri Lanka selalu dipenuhi dengan turis-turis yang ingin melihat keelokan alamnya. Sri Lanka menjadi negara ke-83 yang berkunjung ke Sate Ratu, menyusul Venezuela dan New Caledonia.  Kira-kira wisata apa yang menarik di Sri Lanka, ya?

1. Sigiriya

Sigiriya (www.nationalgeographic.com)
Sigiriya (www.nationalgeographic.com)

Sigiriya adalah salah satu destinasi wisata popular di Sri Lanka. Sigiriya termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO yang dilindungi. Pengunjung akan terpungkau dengan bentuk dan keindahan Sigiriya. Sigiriya adalah kerajaan yang terletak di atas bukit batu yang sangat besar. Kerajaan Sigiriya ini dibangun di atas bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter. Menurut sejarah, Sigiriya ini dibangun oleh Raja Kaspaya. Untuk mencapai kerajaan bukit batu ini, turis harus sedikit berjuang untuk melawan angin kencang. Namun, pemandangan yang disuguhkan Sigiriya sangat indah.

2. Nuwara Eliya

Nuwara Eliya (www.tripadvisor.com/orana-velard)
Nuwara Eliya (www.tripadvisor.com/orana-velard)

Terkenal dengan produksi teh yang besar, Sri Lanka menghadirkan Nuwara Eliya, yaitu tempat wisata perbukitan teh. Lembah-lembah hijau segar dengan air terjun yang indah akan memanjakan mata turis yang berkunjung di sini. Udara yang sejuk dan dingin membuat acara menyeruput secangkir teh hangat semakin nikmat. Turis dapat menikmati dan bersantai di area perbukitan teh. Selain itu turis diajak keliling oleh pemandu untuk melihat bagaimana pengolahan teh yang ada di sini. Masyarakat Sri Lanka sendiri sangat menggemari minum teh, terutama teh yang hitam dan kental.

3. Unawatuna

Unawatuna (www.en.wikipedia.org)
Unawatuna (www.en.wikipedia.org)

Seperti negara Asia lainnya, Sri Lanka juga memiliki tempat wisata pantai yang eksotik. Pantai Unawatuna merupakan salah satu pantai popular yang ada di Sri Lanka. Di pantai ini, pengunjung dapat bersantai, berenang ataupun surfing. Ombak pantai di Sri Lanka tergolong besar, sehingga cocok bagi penggemar surfing. Pantai Unawatuna ini menyuguhkan pemandangan pantai yang apik dan udara yang sejuk. Bagi yang tidak bisa berenang, bisa mencoba bermain air di tepi pantai atau berjalan-jalan santai sekitar pantai.

4. Kandy

Kandy (www.whc.unesco.org)
Kandy (www.whc.unesco.org)

Sri Lanka juga terkenal dengan wisata candi, salah satu tujuan wisata yang popular adalah Kandy. Kandy adalah sebuah kota suci di mana terletak gigi Budha pada salah satu candinya, Candi Sri Dalada Maligawa atau yang dikenal dengan nama The Temple of The Sacred Tooth Relic. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kandy adalah saat bulan Agustus, karena di bulan tersebut ada perayaan Esala Perahera. Perayaan tahunan ini dipenuhi atraksi oleh penari, gajah yang dihias dan beragam atribut berwarna-warni yang sangat meriah. Perayaan ini untuk memperingati khotbah Buddha yang pertama.

5. Dambulla Cave

Dambulla Cave (www.en.wikipedia.org)
Dambulla Cave (www.en.wikipedia.org)

Salah satu wisata candi yang tidak boleh dilewatkan adalah Dambulla Cave. Yang membuat unik karena letak candinya berada di dalam sebuah gua. Candi di dalam Dambulla Cave dirawat dengan sangat baik. Di dalam gua pun, banyak patung Buddha yang jumlahnya hingga ratusan dengan posisi beragam. Di dinding gua pun terdapat lukisan-lukisan suci. Walaupun terletak di dalam gua, suasana di sini tidaklah pengap ataupun lembab, karena sirkulasi udaranya cukup bagus. Terdapat 5 gua yang ada di Dambulla Cave ini dan semuanya dipenuhi dengan patung Buddha dan lukisan klasik dari abad ke-8 Masehi.

6. Polonaruwa

Polonaruwa (www.thelonelyplanet.com)
Polonaruwa (www.thelonelyplanet.com)

Polonaruwa adalah kota terkuno yang ada di Sri Lanka. Di sini pengunjung dapat melihat reruntuhan kota yang dulunya adalah kerajaan. Kota Polonaruwa termasuk kota yang kecil, pengunjung dapat mengeksplorasi kota ini menggunakan sepeda atau tuk-tuk (bajaj). Walaupun terlihat gersang, kota Polonaruwa ini menyimpan banyak sejarah menarik tentang Sri Lanka. Pemandu pun dengan sigap menjelaskan sejarah kota tua ini. Ada beberapa bangunan kuno di kota Polonaruwa yang masih berdiri tegak dan saat apik bila diabadikan gambarnya.

7. Anuradhapura

Anuradhapura (www.discoversrilanka.com)
Anuradhapura (www.discoversrilanka.com)

Sama dengan Polonaruwa, Anuradhapura adalah kota kuno di Sri Lanka. Anuradhapura merupakan kota kuno yang paling besar dan masuk sebagai situs warisan dunia UNESCO. Di sini, pengunjung dapat melihat banyak spot sejarah yang menarik di kota tua ini. Seperti Samadhi Buddha, di mana pengunjung dapat meliat patung Sang Buddha yang sedang bermeditasi, atau Vihara Abhyagiri, yaitu salah satu vihara yang terbesar di Sri Lanka. Gaya arsitektur Vihara ini masih klasik dan memiliki luas sekitar 235 hektar. Vihara Abhayagiri juga merupakan tempat tinggal para biksu.

Nah, itu dia spot wisata yang menarik saat berkunjung ke Sri Lanka. Wisata yang disuguhkan pun cukup beragam, dari wisata religi hingga wisata alam. Tertarik ke Sri Lanka?

Bagikan
Tags:
,
No Comments

Post A Comment